Cara Memasang Pondasi Cakar Ayam Dengan Benar

Cara Memasang Pondasi Cakar Ayam Dengan Benar -Rumah merupakan hunian yang bersifat jangka panjang, hal ini berarti ketika kita ingin membangunnya maka kita harus memperhitungkan bagaimana caranya agar bangunan itu kuat dan bertahan lama, dan salah satu hal yang bisa anda lakukan ialah dengan membangun pondasi rumah, seperti yang kita ketahui jenis pondasi ini sangatlah banyak dan biasanya di gunakan sesuai dengan ke adaan tanah seperti pondasi batu kali, pondasi batu bata, pondasi telapak dan juga pondasi cakar ayam.

Pondasi rumah juga sering di gunakan ketika kita membangun hunian yang lebih dari satu lantai, misalkan untuk rumah yang bertingkat, nah untuk pondasi hunian yang satu ini biasnya menggunakan pondasi cakar ayam, karena lebih kuat, sebenarnya pondasi ini dari segi cara pemasangan hampir sama dengan lainnya seperti pondasi batu kali, namun sedikit yang membedakannya terlihat dari segi material yang di gunakan.

pondasi cakar ayam

Pertama kali pondasi ini di temukan oleh Prof Dr Ir Sedijatmo, ketika itu ia membangun menara listrik tegangan tinggi di atas rawa-rawa dan akhirnya terciptalah ide pondasi cakar ayam, nah bagi anda yang hendak membangun rumah dengan pondasi ini, namun belum tahu caranya, berikut ini adalah cara memasang pondasi cakar ayam dengan benar.

Langkah-Langkah Memasang Pondasi Cakar Ayam Dengan Benar

1. Pertama kita bisa menentukan di mana titik yang ingin kita pasang pondasi ini, dalam istilahnya adalah titik nol, titik ini juga yang nantinya akan menjadi penghubung antara yang satu dengan yang lainnya, biasanya untuk menentukan titik ini dan kesikuan antar titik yang lainnya membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 hari, dan untuk mencari titiik ini haruslah orang yang sudah profesional di bidangnya.

cara memasang pondasi cakar ayam

2. Selanjutnya kita juga bisa membuat ukuran pondasi ini sesusi dengan bangunan yang akan kita bangun, kemudian selanjutnya apabila titik nol ini sudah kita temukan maka langkah selanjutnya adalah memasang besi yang sebelumnya sudah kita rakit.

3. Berikutnya setelah beci sudah terpasang maka kita tinggal mengecor pondasi tersebut, dalam mengecor ini semakin banyak semen yang di gunakan maka semakin bagus karena akan semakin kuat, untuk contoh anda bisa menerapkan satu sak semen pada pondasi dengan ukuran 1 x 1.

4. Kemudian kita tinggal menunggu adonan semen tersebut hingga mengering dan selanjutnya tinggal pemetakan ruangan.

Demikianlah tadi beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat pondasi cakar ayam untuk hunian anda, semoga informasi tadi dapat bermanfaat dan juga menginspirasi.

Pencarian terkait:

gambar cakar ayam ruma
loading...
Cara Memasang Pondasi Cakar Ayam Dengan Benar | admin | 4.5